Langsung ke konten utama

5 Tips Menurunkan Kolestrol Secara Alami


Kolesterol merupakan zat yang diproduksi secara alami oleh organ hati, tetapi juga bisa ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, seperti daging dan susu. Kolesterol diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel-sel sehat, memproduksi sejumlah hormon, dan menghasilkan vitamin D. Meskipun penting bagi tubuh, kolesterol dapat mengganggu kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi.



Banyak sekali cara yang dapat anda lakukan untuk menurunkan kolesterol, terutama mengatur pola makan.Tubuh sebenarnya membutuhkan kolesterol untuk membantu pembentukan sel-sel sehat.


Baca Juga: 

Kali ini saya akan membagikan beberaoa tips untuk menurunkan kolestrol secara cepat dan benar.Simak Penjelasan Dibawah Ini


1.Konsumsi Makanan Makanan Yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Lemak tak jenuh atau monounsaturated fat mengandung banyak HDL atau kolesterol baik. Zat tersebut dapat membantu melarutkan kolesterol jahat yang ada di dalam pembuluh darah, menurut laman Medline Plus. Selain itu, lemak tak jenuh juga dapat menjaga perkembangan sel-sel tubuh kita.


2.Kurangi Pengonsumsian Gula

Terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar trigliserida, jenis lemak berupa kalori tak terpakai. Biasanya, ketika trigliserida meningkat, kolesterol pun akan mengikuti. Untuk itu, kita juga harus memonitor kadarnya.


Trigliserida dapat meningkat ketika kita mengonsumsi terlalu banyak makanan manis. Tak terkecuali nasi yang juga mengandung gula. Oleh karena itu, batasi konsumsinya untuk mencegah peningkatan trigliserida dan kolesterol.


3.Perbanyak Mengonsumsi Ikan

Ikan Merupakan sumber protein dan lemak nabati yang baik dikonsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. WebMD menyarankan agar kita makan ikan setidaknya dua hingga empat kali dalam seminggu. Ini karena  ia kaya akan lemak baik, omega 3, serta protein yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. 


Sebaiknya mulai sekarang gantikan daging merah yang biasa kamu konsumsi dengan ikan agar tubuh lebih sehat. Jenis ikan yang direkomendasikan adalah salmon, tuna, mackerel, dan sarden. Gunakan ikan yang segar ya, jangan konsumsi ikan kalengan.


4.Kurangi Kebiasaan Merokok Dan Minum Minuman Keras

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko penyakit jantung melalui beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengubah kemampuan sistem imun untuk menangani kolesterol. 


Dilansir dari Health Line, imun perokok tidak akan mampu untuk mengembalikan kolesterol di dinding pembuluh darah menuju ke hati. Akhirnya akan terjadi penyumbatan dan risiko penyakit jantung pun meningkat. 


Sedangkan untuk alkohol, zat ethanol di dalamnya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh kita. Namun, minuman tersebut dapat meningkatkan kesigapan sistem imun dalam mengembalikan kolesterol ke hati.


5.Sering Lah Berolahraga

Olahraga tak hanya baik untuk kebugaran tubuh, tetapi juga membantu kita menurunkan kolesterol jahat. Studi dari Journal of Physical Therapy Science tahun 2015 membuktikan bahwa olahraga rutin selama 12 minggu dapat mengurangi kolesterol jahat secara signifikan pada perempuan obesitas.


Lalu olahraga seperti apa yang disarankan? Menurut sejumlah studi, olahraga ringan hingga berat selama 30 menit per hari cukup kok untuk mengurangi kolesterol dan risiko penyakit jantung. Namun perlu diingat bahwa, aktivitas tersebut harus dilakukan secara rutin setidaknya lima hari per minggu.


Itu dia beberapa tips menurunkan kolestrol pada tubuh manusia.



Komentar

Postingan populer dari blog ini