Langsung ke konten utama

10 Manfaat Bawang Putih Yang Wajib Anda Ketahui


Bawang merupakan nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan.  Bawah ini Mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan E


Bawah putih juga memiliki sangat banyak kandungan didalamnya,sebagai berikut

Kandungan    Jumlah / 100 gram

Selenium    14, 2 mg

Mangan    1,672 mg

Seng                1,16 mg (12 %)

Sodium    17 mg (1 %)

Kalium                401 mg (9 %)

Fosfor                153 mg (22 %)

Magnesium    25 mg (7 %)

Zat besi    1,7 mg (14 %)


Nah itu dia beberapa kandungan yang terdapat pada bawang putih ini.Bawang putih didalamnya juga mengandung zat aktif alliin dan allicin, keduanya merupakan senyawa sulfur yang dapat menunjang kesehatan tubuh manusia. Manfaat allicin pada bawang putih secara khusus telah diteliti melalui bebagai studi. Para ilmuwan tertarik pada potensi senyawa sulfur yang berasal dari bawang putih tersebut untuk mencegah dan mengobati penyakit kronis dan mematikan, seperti kanker dan penyakit jantung.


Baca Juga:


Kini bawang putih bukan lagi menjadi tanaman yang asing di telinga masyarakat dunia. Meskipun begitu, tak banyak yang mengetahui manfaat yang dihasilkan dari mengonsumsi bawang putih selain dari kegunaannya sebagai bahan pelengkap bumbu dapur.Saya akan membagikan beberapa manfaat bawang putih pada tubuh kita jika kita mengonsumsi nya dengan rutin dan benar.


1.Dapat  Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Khasiat bawang putih yang telah dibuktikan oleh sejumlah riset menyatakan bahwa bumbu dapur yang satu ini secara efektif mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan pada jenis tertentu, bawang putih sengaja diolah menjadi bahan bubuk yang secara khusus digunakan sebagai penawar tekanan darah tinggi.


2.Cukup Ampuh Dalam Menurunkan Berat Badan


Zat vinylidithiin yang terkandung pada bawang putih mampu menghambat proses inflamasi yang tentu saja sangat baik untuk mencegah penumpukan lemak pada tubuh


3.. Membantu Meringankan Nyeri pada Saat Sakit Gigi


Sakit gigi pada umumnya terjadi akibat pembusukan gigi yang terjadi ketika pulpa gigi mengalami peradangan. Selain itu penumpukan nanah akibat infeksi bakteri yang terjadi di dasar gigi juga merupakan faktor utama timbulnya sakit gigi. Bawang putih mengandung zat analgesik yang dapat melawan bakteri-bakteri penyebab sakit pada gigi anda


4.Meningkatkan Metabolisme Zat Besi


Riset terbaru mengenai manfaat bawang putih yaitu mampu meningkatkan metabolisme zat besi dalam tubuh manusia. Zat besi yang tersimpan di dalam sel tubuh selanjutnya akan dipindahkan keluar sel, lalu kembali lagi ke dalam sirkulasi tubuh yang sudah tentu akan membutuhkan protein. Protein tersebut dinamakan ferroportin.


5.Dapat mengurangi resiko terkena kanker

Kandungan antioksidan yang terdapat pada bawang putih mampu mengurangi resiko penyakit kanker, sehingga mengonsumsi tanaman ini sangatlah dianjurkan bagi para penderita penyakit tersebut.


6.Mencegah Peradangan

Bawang putih sejak dulu dikenal sebagai bahan bumbu dapur yang di dalamnya terkandung zat anti peradangan. Apabila anda sedang mengalami sakit tenggorokan, demam, dan lainnya, anda hanya cukup mengonsumsi bawang putih dengan cara dikunyah.


7.Meredakan Dan Mencegah Infeksi Pada Telinga


Bawang putih diperkaya dengan antioksidan, anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-bakteri, sehingga memampukannya menangkal beragam infeksi. Termasuk infeksi telinga,


8.Membantu Menyembuhkan Jerawat Pada Wajah


Mungkin saja bawang putih bukanlah penawar utama dalam upaya menghilangkan jerawat. Akan tetapi di dalam kandungan bawang putih terdapat zat antioksidan yang secara efektif mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara penggunaannya sangatlah mudah, yakni dengan mengoleskan irisan bawang putih pada kulit wajah yang berjerawat dengan perlahan-lahan.


9.Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol


Salah satu keunggulan lain dari mengonsumsi bawang putih ialah mampu membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. berdasarkan sejumlah riset yang telah dilakukan, bawang putih mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sebanyak 10 – 15 %. Efek pengurangan kolesterol jahat tentu tidak berimbas pada kolesterol baik (HDL) dalam tubuh anda, sehingga kesehatan anda akan tetap terjaga dengan sangat baik.


10.Mampu Memperlebat dan Menyuburkan Rambut.


Bawang putih mengandung senyawa allicin yang cukup tinggi. Senyawa ini dipercaya efektif mengatasi masalah kerontokan pada rambut. Cara pemakaiannya ialah dengan menggosok-gosokkan irisan bawang putih yang telah dicampur dengan minyak pada kulit kepala. Selanjutnya lakukan pemijatan selama beberapa menit agar campuran minyak dan bawang putih meresap ke dalam kulit kepala.


Itulah beberapa manfaat dari bawang putih yang dapat kita konsumsi secara rutin dan benar agar dapat merasakaan manfaatnya.





Komentar

Postingan populer dari blog ini