Langsung ke konten utama

Berbagai Macam Ciri-Ciri Kanker Payudara Dan Stadiumnya - Sehat Ceria

 


 Halo Sobat Sehat Ceria

Kanker payudara merupakan kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara seseorang. Kanker ini bisa terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu (lobulus), atau di saluran (duktus) yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. Kanker ini juga bisa terbentuk di jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.


Melihat dari seberapa parah kanker payudara yang seseorang alami bisa di lihat dari stadium apa yg sedang dia alami.Stadium itu sendiri menunjukan seberapa banyak sel kanker yg ada di payudara seseorang dan bagaimana sel kanker itu dapat menyebar.Setiap stadium berbeda beda gejala yg di alaminya,sehingga pengobatannya yg akan dipilih pun berbeda.Sehat Ceria akan memberikan ulasan mengenai tahapan tahapan atau stadium penyakit kanker payudara ini yang perlu kalian ketahui,Simak Berikut


Pembagian stadium untuk mendeteksi kanker payudara berdasarkan stadium yang sedang di alaminya


American Joint Committee on Cancer membuat sistem pembagian stadium terhadap kanker payudara. Stadium ini merupakan tahapan-tahapan yang sering muncul pada penderita kanker. Tahapan tersebut biasa dikategorikan sebagai T, N, dan M.


T mendeskripsikan asal tumor

N menandakan apakah tumor yang menyebar di dalam kelenjar getah bening

M menandakan apakah tumor tersebut sudah menyebar ke bagian organ tubuh lainnya seperti hati atau paru-paru


Ciri-ciri kanker payudara bisa dibedakan sesuai dengan stadium. Setiap stadium mempunyai ciri-ciri yang berbeda dan menandakan tingkat keparahan dari kanker payudara itu sendiri.


Berikut ini merupakan  gejala dan ciri-ciri kanker payudara berdasarkan stadiumnya:


Terdapat beberapa gejala yang menunjukkan tanda-tanda kanker payudara, di antaranya adalah:

Gejala-Gejala Kanker Payudara


  • Perubahan pada bentuk serta ukuran payudara

  • Terdapat pada benjolan di area dekat payudara atau di dekat ketiak

  • Benjolan yang muncul berukuran kecil seperti kacang

  • Terdapat cairan bening yang muncul di puting payudara

  • Posisi puting payudara berubah

  • Perubahan terdapat pada warna kulit payudara,

  • Terasa sakit di bagian puting payudara


Ciri-ciri kanker payudara berdasarkan stadiumnya


Tidak hanya gejala umum yang ada di atas, ada ciri-ciri kanker payudara berdasarkan stadiumnya yang perlu Kalian ketahui, berikut ulasannya.


 Sel Kanker payudara stadium nol


Pada stadium ini, belum ada gejala atau ciri-ciri yang menunjukkan adanya kanker payudara. Kanker payudara stadium 0 ini merupakan suatu kondisi non-invasif, seperti ductal carcinoma in situ.


Sel kanker pada stadium ini belum dapat berkembang dan menyebar. Oleh karena itu, kanker payudara stadium 0 sulit untuk dideteksi mulai dini.


Kanker payudara stadium dini (stadium I dan II)


Memasuki stadium dini ini, ciri-ciri kanker payudara mulai dapat terlihat. Tanda-tandanya meliputi rasa sakit atau nyeri pada bagian puting seseoeang, munculnya benjolan di area dekat ketiak atau sekitar payudara.


Selain itu, perhatikan gejala lain seperti ada perubahan warna yang terdapat di kulit payudara.


Selain itu, ukuran tumor di stadium ini biasanya sudah mencapai -+ 2 cm. Pada tahap stadium ini, sudah dapat dilakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya kanker di payudara.


Stadium I dan II dikategorikan dalam beberapa kelompok, seperti stadium IA, stadium IB, stadium IIA dan stadium IIB.


Kanker payudara tingkat lanjut


Stadium lanjut adalah nama lain dari kanker payudara stadium III. Pada seseorang berada di stadium ini, ukuran tumor sudah membesar hingga mencapai lebih dari 5 cm.


Selain itu, sel kanker pun sudah menyebar ke beberapa bagian tubuh, contoh nya seperti area kelenjar getah bening hingga ke jaringan payudara.


Stadium lanjut atau biasa disebut  stadium III terbagi lagi dalam tiga kategori kondisi, yaitu stadium IIIA, stadium IIIB, dan stadium IIIC.


Di stadium ini, kondisi tumor sudah semakin parah dikarenakan penyebaran yang hampir menyeluruh di bagian payudara.


Kanker payudara stadium akhir


Pada stadium akhir ini, sel kanker telah menyebar ke seluruh bagian payudara, bahkan ke bagian organ tubuh yang lainnya.


Bagian organ tubuh yang mulai diserang oleh sel kanker payudara pada stadium akhir atau stadium IV ini meliputi hati, paru-paru, tulang, hingga otak.


Penyebaran sel kanker ke berbagai organ tubuh membuat stadium IV juga disebut sebagai tumor. Saat sudah memasuki tahapan ini, kamu benar-benar berada dalam penanganan dan pengawasan dokter yang sangat ketat.


Nah itu dia beberapa macam stadium dan gejala-gejala yang sudah dijelaskan oleh sehat ceria,sangat penting untuk memerhatikan kesehatan payudara bagi setiap wanita. Jika merasakan gejala atau ciri-ciri yang telah dijelaskan di atas, jangan pernah ragu untuk segera diperiksa, ya:)














Komentar

Postingan populer dari blog ini